MY FOTO

MY FOTO
RONALDI. S.Pd

Rabu, 10 Juli 2013

CONTOH RPP KURIKULUM 2013



   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                                                                                                                                  

1.              Identitas Sekolah                    : SMP Negeri 2 Bukittinggi
2.              Idntitas Mata Pelajaran          : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
3.              Kelas/Semester                       : VII / 1
4.              Materi Pokok                          : Pembelajaran Permainan Sepak Bola
5.              Alokasi Waktu                         : 12 JP (12 x 40 menit)
6.              Tujuan      :
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
6.1.         Menunjukkan perilaku sportifitas, kerjasama, tanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
6.2.         Memahami cara menendang bola dengan berbagai gerak dasar fundamental (menendang bola dengan kaki bagian dalam, menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam, menendang bola dengan punggung kaki bagian luar)permainan sepak bola dengan benar.
6.3.         Memahami cara menahan bola dengan berbagai gerak dasar fundamental (menahan bola dengan kaki bagian dalam, menahan bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar.
6.4.         Memahami cara menggiring bola dengan berbagai gerak dasar fundamental (menggiring bola dengan kaki bagian dalam, menggiring bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar.
6.5.         Memahami cara bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan gerak dasar fundamental menendang,  dan menahan bola dengan benar.
6.6.         Melakukan gerak dasar fundamental menendang bola dengan berbagai teknik (menendang bola dengan kaki bagian dalam, menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam,, menendang bola dengan punggung kaki bagian laur) permainan sepak bola dengan koordinasi yang baik.
6.7.         Melakukan gerak dasar fundamental menahan bola dengan berbagai teknik (menahan bola dengan kaki bagian dalam, menahan bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar) permainan sepak bola dengan koordinasi yang baik.
6.8.         Melakukan gerak dasar fundamental menggiring bola dengan berbagai teknik (menggiring bola dengan kaki bagian dalam, menggiring bola dengan kaki bagian luar . menggiring bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar.
6.9.         Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan gerak dasar fundamental  menendang, menahan dan menggiring bola dengan koordinasi yang baik, dengan menunjukkan perilaku  sportifitas, kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

7.              Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Teknik Instrumen
Instrumen
1.          Aspek Sikap
Menunjukkan perilaku sportifitas, kerjasama, tanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.






















2.          Aspek Pengetahuan
Memahami penge-tahuan tentang keterampilan dasar permainan bola besar.



































3.          Aspek Keterampilan
Mempraktikkan keterampilan dasar permainan bola besar dengan kontrol yang baik.



·         Berperilaku sporti-fitas dalam bermain.
·         Bertanggungjawab terhadap keselamat-an dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.

·         Menghargai per-bedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
·         Menunjukkan ke-mauan bekerja-sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
·         Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.

·       Menjelaskan cara menendang bola dengan berbagai gerak dasar funda-mental (menendang dengan kaki bagian dalam,menendang dengan punggung kaki bagian dalam,menendang dengan punggung kaki bagian luar) permainan sepak bola dengan benar.
·       Menjelaskan  cara menggiring bola dengan berbagai gerak dasar fundamental (menggiring bola dengan kaki bagian dalam, menggiring bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar.
·       Menjelaskan cara bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi meng-gunakan gerak dasar fundamental nenendang, menahan, dan menggiring bola dengan benar.


·       Mempraktikkan gerak dasar fundamental menendang bola dengan berbagai teknik (menendang bola dengan kaki bagian dalam, menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam,, menendang bola dengan punggung kaki bagian laur) permainan sepak bola dengan koordinasi yang baik.
·       Mempraktikkan gerak dasar fundamental menahan bola dengan berbagai teknik (menahan bola dengan kaki bagian dalam, menahan bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan koordinasi yang baik
·       Mempraktikkan  gerak dasar fundamental menggiring bola dengan berbagai teknik (menggiring bola dengan kaki bagian dalam, menggiring bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar.
·       Mempraktikkan Melakukan gerak dasar fundamental menggiring bola dengan berbagai teknik (menggiring bola dengan kaki bagian dalam, menggiring bola dengan kaki bagian luar . menggiring bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar..
·       Bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimo-difikasi menggunakan gerak dasar fundamental  menendang, menahan dan menggiring bola dengan koordinasi yang baik.


Observasi





























Tes lisan
Tes tulisan





































Tes unjuk kerja



Lembar/ Rubrik penilaian



























Uraian singkat






































Penilaian proses menendang, menahan, menggiring bola










Bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan gerak dasar fundamental  menendang, menahan dan menggiring bola dengan koordinasi yang baik.



















o Jelaskan cara melempar bola dengan berbagai gerak dasar fundamental permainan bolabasket dengan benar
o Jelaskan cara menangkap bola dengan berbagai gerak dasar fundamental  permainan bolabasket dengan benar
o Jelaskan cara menggiring bola dengan berbagai gerak dasar fundamental menggiring bola permainan bolabasket dengan benar
o Jelaskan cara bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan benar.


o Lakukan gerak dasar fundamental menendang bola permainan sepak bola.
o Lakukan gerak dasar fundamental menahan bola permainan sepakbola.
o Lakukan teknik dasar menggiring bola dengan berbagai gerak dasar fundamental  permainan sepak bola.
o Lakukan per-mainan sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimo-difikasi menggunakan teknik  menendang, menahan dan menggiring bola dengan koordinasi yang baik.






8.              Materi Pembelajaran             : Pembelajaran gerak dasar menendang, menahan dan menggiring bola
9.              Alokasi Waktu                         : 6 JP (6 x 40 Menit)
10.           Metode Pembelajaran           :
·  Pendekatan: Scientific
·  Model pembelajaran penemuan (Discovery Learning)
·           Metode : penugasan dan resiprokal/timbal-balik

11.           Media Pembelajaran :
·                Bolasepak atau bola sejenisnya
·                Lapangan permainan sepak bola atau lapangan sejenisnya
·                Rintangan (corong) atau sejenisnya
·                Peluit
·                Formulir penilaian

12.           Sumber Belajar       :
·                Media cetak
o      Buku pegangan guru dan peserta didik SMP Kelas VII hal ……….., Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI.
o      Buku praktik/Lembar Kerja Siswa (LKS.
o      Buku permainan sepak bola.
o      Poster/gambar gerak dasar permainan sepak bola
·                Media elektronik
o      Audio/video visual teknik dasar permainan sepak bola
o      Rekaman/cuplikan pertandingan sepak bola

13.           Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1
1.              Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·               Berbaris, berdoa, berhitung (presensi), apersepsi, dan memotivasi peserta didik.
·               Menjelaskan tujuan pembelajaran.
·               Melakukan pemanasan yang mengarah pada permainan sepak bola seperti: bermain jarring ikan, sorodot gaplok  secara kelompok dengan berbagai variasi atau permainan yang lainnya.

2.              Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati :
·               Peserta didik membaca informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan    sepakbola    (menendang, menahan bola) dari berbagai sumber.
·               Peserta didik mencari informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan sepak bola  (menendang, dan menahan bola) dari berbagai sumber (SSB), nara sumber, media cetak dan  elektronik sesuai tugas kelompok minggu lalu.
·               Peserta didik mengamati pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan sepak bola   (menendang, dan menahan bola).

Menanya :
·               Guru menanyakan kepada peserta didik tentang gerak fundamental sepak bola, misalnya: Apakah posisi kaki mempengaruhi pergerakan bola saat melakukan menendang,dan menahan bola? Apakah perkenaan bola dengan kaki mempengaruhi jalannya bola saat menendang, dan menahan bola? Apakah jenis pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menendang, dan menahan bola?
·               Guru menanyakan kepada peserta didik tentang manfaat permainan sepak bola terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan   sepak bola.

Melakukan pemanasan yang mengarah pada permainan sepak bola seperti: bermain memberikan sepak bola (sorodor gaplok) secara berkelompok dengan berbagai variasi atau permainan yang lainnya.

Eksplorasi:
·               Peserta didik menendang dan menahan bola dengan berbagai cara dalam posisi diam dan bergerak secara individual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasama, disiplin, dan tolerensi.
·               Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan sepak bola (menendang dan menahan bola)  dengan benar.
·               Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan sepak bola (menendang dan menahan bola)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·               Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang dan menahan bola)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·               Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang dan menahan bola) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi:
·               Peserta didik menemukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang dan menahan bola)  yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri.
·               Peserta didik mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan kaki dan  jalannya bola.
·               Peserta didik mencari hubungan antara jenis tendang dengan sasaran yang hendak di capai.
·               Peserta didik mencari hubungan antara permainan sepak bola  dengan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Mengkomunikasikan :
·               Peserta didik menerapkan berbagai keterampilan gerak fundamental  ke dalam permainan sepak bola (menendang dan menahan bola) dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta menunjukkan sportif,  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·               Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan permainan.
·               Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebihan.
·               Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan.
·               Memaparkan hasil diskusi berkaitan dengan  tentang keterampilan gerak fundamental permainan sepak bola secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama.

3.              Kegiatan Penutup (15 menit)
·               Pendinginan (colling down) dengan melemaskan otot-otot tungkai dan punggung.
·               Melakukan refleksi dan tanya-jawab materi pembelajaran yang telah dipelajari, memberi tugas pengayaan bagi yang tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu materi yang akan dipelajari pada minggu yang akan datang.
·               Guru menugaskan kepada peserta didik untuk mencatat pola gerak fundamental permainansepak bola yang telah dipelajari dalam buku tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
·               Berbaris dan berdoa, kembali ke kelas dengan penuh disiplin. 


Pertemuan ke 2
1.              Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·               Berbaris, berdoa, berhitung (presensi), apersepsi, dan memotivasi peserta didik.
·               Menjelaskan tujuan pembelajaran.
·               Melakukan pemanasan yang mengarah pada permainan bolabasket seperti: bermain memberikan sepak bola secara estafet dengan berbagai variasi atau permainan yang lainnya.

2.              Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati :
·               Peserta didik membaca informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan   sepak bola  (menggiring bola) dari berbagai sumber.
·               Peserta didik mencari informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan sepak bola (menggiring bola) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik.
·               Peserta didik mengamati pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan bola basket  (menggiring bola).

Menanya :
·               Guru menanyakan kepada peserta didik tentang gerak fundamental sepak bola, misalnya: bagaimana jalannya bola jika titik perkenaan bola dengankaki dirobah saat melakukan menggiring? Apakah posisi kaki mempengaruhi peregerakan bola saat melakukan menggiring bola? Apakah perkenaan bola dengan kaki mempengaruhi jalannya bola saat menggiring? Apakah jenis pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menggiring bola?
·               Guru menanyakan kepada peserta didik tentang manfaat permainan sepak bola terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan   sepak bola.



Eksplorasi:
·               Peserta didik menggiring bola dengan berbagai cara  dalam posisi bergerak kiri dan kanan secara individual dengan menunjukkan nilai disiplin.
·               Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan swepak bola (menggiring bola)  dengan benar.
·               Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan sepak bola (menggiring bola)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·               Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menggiring bola)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·               Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menggiring bola) dengan benar dan membuat  kesimpulannya.

Mengasosiasi :
·               Peserta didik menemukan gerak fundamental permainan sepak bola (menggiring bola)  yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri.
·               Peserta didik mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan kaki dan  jalannya bola.
·               Peserta didik mencari hubungan antara jenis lemparan dengan sasaran yang hendak di capai.
·               Peserta dik mencari hubungan antara permainan sepak bola dengan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Mengkomunikasikan :
·               Peserta didik menerapkan berbagai keterampilan gerak fundamental  ke dalam permainan sepak bola (menggiring bola) dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta menunjukkan sportif,  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·               Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan permainan.
·               Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebihan.
·               Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan.
·               Memaparkan hasil diskusi berkaitan dengan  tentang keterampilan gerak fundamental permainan bolabasket secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama.

3.              Kegiatan Penutup (15 menit)
·               Pendinginan (colling down) dengan melemaskan otot-otot tungkai dan punggung.
·               Melakukan refleksi dan tanya-jawab materi pembelajaran yang telah dipelajari, memberi tugas pengayaan bagi yang tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu materi yang akan dipelajari pada minggu yang akan datang.
·               Guru menugaskan kepada peserta didik untuk mencatat pola gerak fundamental permainan bolabasket yang telah dipelajari dalam buku tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
·               Berbaris dan berdoa, kembali ke kelas dengan penuh disiplin. 








Pada proses pembelajarannya dapat digunakan strategi pelaksanaan dengan menggunakan metode penugasan dan resiprokal/timbal-balik, sebagai berikut :


·                Strategi pelaksanaan dengan menggunakan metode tugas/penugasan
o      Guru membuat dua kartu tugas yang berisi deskripsi materi yang akan dipelajari peserta didik pada minggu berikutnya. Satu kartu tugas untuk dokumen guru, kartu tugas yang satunya ditempelkan di papan pengumuman, guru menugaskan peserta didik untuk membuat kartu tugas dengan cara mencontoh kartu tugas yang dipasang di papan pengumuman. Kartu tugas yang dibuat peserta didik setelah selesai dipelajari harus dikumpulkan untuk dinilai kerajinan, kerapian, dan kebersihannya, sebagai nilai portofolio.
o      Pada setiap memulai kegiatan inti, guru meminta peserta didik mengambil kartu tugas yang telah dibuat, kemudian menyimak kartu tugas masing-masing sambil mendengarkan penjelasan dan contoh gerakan yang diberikan oleh guru.
o      Peserta didik kemudian mempelajari tugas pembelajaran dan indikator keberhasilannya yang ada dalam kartu tugas tersebut.
o      Peserta didik memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas pembelajaran tersebut.
o      Peserta didik melaksanakan tugas pembelajaran sesuai dengan indikator dan target waktu yang telah ditentukan sendiri.
o      Bagi peserta didik yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
o      Bagi peserta didik yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba tugas berikutnya.

·                Strategi pelaksanaan dengan menggunakan metode resiprokal/timbal-balik
o      Guru mengatur peserta didik agar berpasang-pasangan.
o      Guru membagikan bahan pembelajaran yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan.
o      Peserta didik mempelajari tugas dan indikator keberhasilannya.
o      Peserta didik membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat.
o      Peserta didik melaksanakan tugas dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil melakukan tugas sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.



14.           Penilaian Hasil Belajar

a.             Teknik dan Bentuk Penilaian
1)             Penilaian Pengetahuan
a)              Petunjuk Penilaian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!

b)              Butir Soal Pengetahuan

No.
Butir Pertanyaan
Kriteria Pensekoran
Nilai Akhir
0
1
2
3
Σ
1.
Jelaskan cara melakukan gerak dasar fundamental menendang bola permainan sepak bola.






2.
Jelaskan cara melakukan gerak dasar fundamental menahan bola permainan sepak bola.






3.
Jelaskan cara melakukan gerak dasar fundamental menggiring bola permainan sepak bola.







c)              Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
·                Skor 3           : jika peserta didik mampu menjelaskan tentang gerak dasar fundamental
                         menendang,menahan, dan menggiring         permainan sepak bola.
·                Skor 2           : jika peserta didik mampu menyebutkan dua pertanyaan di atas.
·                Skor 1           : jika peserta didik mampu menyebutkan salah satu pertanyaan di atas.
·                Skor 0           : jika tidak satupun pertanyaan di atas mampu disebutkan.

2)             Penilaian Keterampilan
a)              Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek keterampilan diperoleh melalui penilaian  proses, yaitu: sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir melakukan suatu proses gerak dasar permainan bola besar.

b)             Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
(1)            Lakukan gerak dasar menendang dan menahan bola permainan sepak bola!

Penilaian Keterampilan Gerak
Skor Akhir
Keterangan
Penilaian Proses
Jumlah Skor Maksimal
Sikap kaki awalan
(Skor 3)
Perkenaan kaki dengan bola
(Skor 4)
Sikap akhir atau arah bola)
(Skor 3)
2
3

2

7/10 x 100
70


(2)            Lakukan gerak dasar menggiring bola permainan sepak bolat!

Penilaian Keterampilan Gerak
Skor Akhir
Keterangan
Penilaian Proses
Jumlah Skor Maksimal
Sikap  kaki awalan
(Skor 3)
Perkenaan kaki dengan bola
(Skor 4)
Sikap akhir menggiring bola
(Skor 3)









1)              Kriteria Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
a)              Kriteria Penilaian Proses
Kriteria skor : Pelaksanaan menendang dan menahan bola (Proses)
·  Sikap awal
Nilai 3 jika :
(1)          sikap berdiri menghadap arah bola.
(2)         letakkan kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut agak tertekuk.
(3)         sikap kedua lengan di samping badan agak terentang.
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
·  Pelaksanaan gerak
Nilai 4 jika :
(1)          badan menghadap ke arah sasaran. Kemudian jemputlah bola yang meluncur agar mudah mengontrolnya.
(2)         putarlah tungkai yang akan digunakan untuk menerima bola yang datang. Dengan sedikit mengangkat kaki, kaki bagian dalam mengenai bola hingga gerakan terhenti.
(3)         badan agak membungkuk, lengan mengimbangi badan.
(4)        pandangan mengarah ke bola.
Nilai 3: jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar

·  Pelaksanaan akhir (kembali ke sikap semula)
Nilai 3 jika :
(1)           pandangan mata ke arah lepasnya/dorongan bola.
(2)           badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(3)           kaki yang menyepak bola berada di depan menghadap ke bawah dengan posisi badan rileks.
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar

3)             Penilaian Sikap
a)              Petunjuk Penilaian

Penilaian aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan permainan bolabasket. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.

Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (√) dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3 . (Baik=3, Sedang = 2, dan Kurang = 1).


b)              Rubrik Penilaian Perilaku

Perilaku Yang  Dinilai
CEK (√ )
Baik
Sedang
Kurang
1.       Kerja sama
V


2.       Tanggung jawab
V


3.       Menghargai teman

v

4.       Disiplin

v

5.       Toleransi

v

Jumlah skor maksimal = 15


12/15 X 100 = 80









b.             Rekapitulasi Penilaian

No.
Nama Peserta Didik
Aspek-Aspek Penilaian
keterangan
Sikap
Pengetahuan
Keterampilan
1.
Andriyan
90
70
80
240/3 = 80
2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10.





dst








Memeriksa dan Menyetujui
Kepala SMP Negeri 2 Bukittinggi
                       Bukittinggi, 11  Juli      2013
                       Guru Mata Pelajaran





………………………………….................
           NIP.





RONALDI.S.PD
                              NIP.197501171999121001

3 komentar:

  1. Salam Olahraga..........Terima kasih postingan yg sangat membantu buat kita-kita, tolong diperbanyak untuk materinya. Untuk Materi teknik dasar Penjasorkes silahkan kunjungi Blog Guru Penjasorkes di http://materipenjasorkes.blogspot.com

    BalasHapus
  2. bang gimana cara downloadnya.

    BalasHapus