RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1.
Identitas Sekolah : SMP Negeri 2 Bukittinggi
2.
Idntitas Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan
3.
Kelas/Semester :
VII / 1
4.
Materi Pokok : Pembelajaran
Permainan Sepak Bola
5.
Alokasi Waktu : 12 JP
(12 x 40 menit)
6.
Tujuan :
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
6.1.
Menunjukkan
perilaku sportifitas, kerjasama, tanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
6.2.
Memahami cara menendang bola dengan berbagai gerak dasar fundamental (menendang bola dengan kaki bagian
dalam, menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam, menendang bola dengan
punggung kaki bagian luar)permainan sepak bola dengan benar.
6.3.
Memahami cara menahan bola dengan berbagai gerak dasar fundamental (menahan bola dengan kaki bagian
dalam, menahan bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar.
6.4.
Memahami cara menggiring bola dengan berbagai gerak dasar fundamental (menggiring bola dengan kaki bagian
dalam, menggiring bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar.
6.5.
Memahami cara bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi menggunakan gerak dasar
fundamental menendang, dan menahan bola
dengan benar.
6.6.
Melakukan gerak dasar
fundamental menendang bola dengan berbagai teknik (menendang bola dengan kaki bagian dalam,
menendang bola dengan punggung kaki bagian dalam,, menendang bola dengan
punggung kaki bagian laur) permainan sepak bola dengan koordinasi yang baik.
6.7.
Melakukan gerak dasar
fundamental menahan bola dengan berbagai teknik (menahan bola dengan kaki bagian dalam, menahan
bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar) permainan sepak bola dengan koordinasi yang baik.
6.8.
Melakukan gerak dasar
fundamental menggiring bola dengan berbagai teknik (menggiring bola dengan kaki bagian dalam, menggiring bola dengan kaki bagian luar . menggiring
bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar.
6.9.
Bermain
bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan gerak dasar fundamental
menendang, menahan dan menggiring bola dengan koordinasi yang baik,
dengan menunjukkan perilaku sportifitas, kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
7.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Teknik Instrumen
|
Instrumen
|
1.
Aspek Sikap
Menunjukkan perilaku sportifitas, kerjasama, tanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
2.
Aspek Pengetahuan
Memahami penge-tahuan tentang keterampilan
dasar permainan bola besar.
3.
Aspek Keterampilan
Mempraktikkan keterampilan
dasar permainan bola besar dengan
kontrol yang baik.
|
·
Berperilaku
sporti-fitas dalam bermain.
·
Bertanggungjawab
terhadap keselamat-an dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
·
Menghargai
per-bedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
·
Menunjukkan
ke-mauan bekerja-sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
·
Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
· Menjelaskan cara
menendang bola dengan berbagai gerak
dasar funda-mental (menendang dengan kaki bagian
dalam,menendang dengan punggung kaki bagian dalam,menendang dengan punggung
kaki bagian luar) permainan sepak bola dengan benar.
· Menjelaskan cara menggiring bola dengan berbagai gerak dasar fundamental (menggiring bola dengan kaki
bagian dalam, menggiring bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar.
·
Menjelaskan cara bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi meng-gunakan gerak dasar
fundamental nenendang, menahan, dan menggiring bola dengan benar.
· Mempraktikkan gerak dasar fundamental menendang bola dengan berbagai teknik (menendang bola dengan kaki bagian dalam, menendang bola dengan
punggung kaki bagian dalam,, menendang bola dengan punggung kaki bagian laur)
permainan sepak bola
dengan koordinasi yang baik.
· Mempraktikkan
gerak dasar fundamental menahan
bola dengan
berbagai teknik (menahan bola dengan kaki bagian dalam, menahan bola
dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan koordinasi yang baik
· Mempraktikkan gerak dasar
fundamental menggiring bola dengan berbagai teknik (menggiring bola dengan kaki bagian dalam,
menggiring bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola dengan benar.
· Mempraktikkan Melakukan
gerak dasar fundamental menggiring bola dengan berbagai teknik (menggiring bola dengan kaki bagian dalam, menggiring bola dengan
kaki bagian luar . menggiring bola dengan punggung kaki ) permainan sepak bola
dengan benar..
· Bermain sepak bola
dengan menggunakan peraturan yang dimo-difikasi menggunakan gerak dasar fundamental
menendang, menahan dan menggiring bola dengan koordinasi yang baik.
|
Observasi
Tes lisan
Tes tulisan
Tes unjuk kerja
|
Lembar/ Rubrik penilaian
Uraian singkat
Penilaian proses menendang, menahan, menggiring bola
|
Bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi menggunakan gerak dasar
fundamental menendang, menahan dan
menggiring bola dengan koordinasi yang baik.
o
Jelaskan cara melempar bola dengan berbagai gerak dasar fundamental permainan bolabasket dengan benar
o
Jelaskan cara menangkap bola dengan berbagai gerak dasar fundamental
permainan bolabasket
dengan benar
o
Jelaskan cara menggiring bola dengan berbagai gerak dasar fundamental menggiring bola permainan bolabasket
dengan benar
o
Jelaskan cara bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan
benar.
o
Lakukan gerak dasar
fundamental menendang bola
permainan sepak bola.
o
Lakukan gerak dasar
fundamental menahan bola permainan sepakbola.
o
Lakukan teknik dasar menggiring bola dengan berbagai gerak
dasar fundamental
permainan sepak bola.
o
Lakukan per-mainan sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimo-difikasi
menggunakan teknik menendang, menahan
dan menggiring bola dengan koordinasi yang baik.
|
8.
Materi
Pembelajaran : Pembelajaran
gerak dasar menendang, menahan dan menggiring bola
9.
Alokasi Waktu : 6 JP (6 x 40 Menit)
10.
Metode
Pembelajaran :
· Pendekatan: Scientific
· Model pembelajaran penemuan
(Discovery
Learning)
·
Metode : penugasan
dan resiprokal/timbal-balik
11.
Media
Pembelajaran :
·
Bolasepak atau
bola sejenisnya
·
Lapangan
permainan sepak bola atau lapangan sejenisnya
·
Rintangan
(corong) atau sejenisnya
·
Peluit
·
Formulir
penilaian
12.
Sumber Belajar :
·
Media cetak
o Buku pegangan guru dan peserta didik SMP Kelas VII hal
……….., Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk
Kemdikbud RI.
o Buku praktik/Lembar Kerja Siswa (LKS.
o Buku permainan sepak bola.
o Poster/gambar gerak dasar permainan sepak bola
·
Media
elektronik
o Audio/video visual teknik dasar permainan sepak bola
o Rekaman/cuplikan pertandingan sepak bola
13.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·
Berbaris, berdoa,
berhitung (presensi), apersepsi, dan memotivasi peserta didik.
·
Menjelaskan tujuan
pembelajaran.
·
Melakukan pemanasan yang mengarah pada
permainan sepak bola seperti: bermain jarring ikan, sorodot gaplok secara kelompok
dengan berbagai variasi atau permainan yang lainnya.
2.
Kegiatan
Inti (90 menit)
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental
permainan sepakbola
(menendang, menahan bola) dari berbagai sumber.
·
Peserta
didik mencari informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan
sepak bola (menendang, dan menahan bola)
dari berbagai sumber (SSB), nara sumber, media cetak dan elektronik sesuai tugas kelompok minggu lalu.
·
Peserta
didik mengamati pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video
dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, dan menahan bola).
Menanya :
·
Guru
menanyakan kepada peserta didik tentang gerak fundamental sepak bola, misalnya:
Apakah posisi kaki mempengaruhi pergerakan bola saat melakukan menendang,dan
menahan bola? Apakah perkenaan bola dengan kaki mempengaruhi jalannya bola saat
menendang, dan menahan bola? Apakah jenis pembelajaran untuk meningkatkan
keterampilan menendang, dan menahan bola?
·
Guru
menanyakan kepada peserta didik tentang manfaat permainan sepak bola terhadap
kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak bola.
Melakukan
pemanasan yang mengarah pada permainan sepak bola seperti: bermain memberikan sepak
bola (sorodor gaplok) secara berkelompok
dengan berbagai variasi atau permainan yang lainnya.
Eksplorasi:
·
Peserta
didik menendang dan menahan bola dengan berbagai cara dalam posisi diam dan
bergerak secara individual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan
nilai kerjasama, disiplin, dan tolerensi.
·
Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan sepak bola (menendang dan menahan bola) dengan benar.
·
Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan sepak bola (menendang
dan menahan bola) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang
dan menahan bola) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan
bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat
melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang dan menahan bola)
dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi:
·
Peserta didik menemukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang dan menahan bola) yang paling sesuai
untuk kebutuhan sendiri.
·
Peserta didik mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan kaki dan
jalannya bola.
·
Peserta didik mencari hubungan antara jenis tendang dengan sasaran yang hendak di capai.
·
Peserta didik mencari hubungan antara permainan sepak bola dengan kesehatan
dan kebugaran tubuh.
Mengkomunikasikan
:
·
Peserta
didik menerapkan berbagai keterampilan gerak fundamental ke dalam permainan sepak bola (menendang dan
menahan bola) dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta menunjukkan sportif, kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan permainan.
·
Menunjukkan
perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebihan.
·
Memberikan
saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan.
·
Memaparkan
hasil diskusi berkaitan dengan tentang
keterampilan gerak fundamental permainan sepak bola secara sederhana
berkelompok dengan menunjukkan
kerjasama.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Pendinginan (colling down) dengan melemaskan otot-otot tungkai dan punggung.
·
Melakukan refleksi dan tanya-jawab
materi pembelajaran yang telah dipelajari, memberi tugas pengayaan bagi yang
tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu materi yang akan
dipelajari pada minggu yang akan datang.
·
Guru menugaskan kepada peserta didik
untuk mencatat pola gerak fundamental permainansepak bola yang telah dipelajari
dalam buku tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
·
Berbaris dan berdoa, kembali ke kelas
dengan penuh disiplin.
Pertemuan ke 2
1.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·
Berbaris, berdoa,
berhitung (presensi), apersepsi, dan memotivasi peserta didik.
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran.
·
Melakukan pemanasan yang mengarah pada
permainan bolabasket seperti: bermain memberikan sepak bola secara estafet dengan
berbagai variasi atau permainan yang lainnya.
2.
Kegiatan
Inti (90 menit)
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental
permainan sepak bola (menggiring bola) dari berbagai sumber.
·
Peserta
didik mencari informasi dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan
sepak bola (menggiring bola) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik.
·
Peserta
didik mengamati pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video
dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan bola basket (menggiring bola).
Menanya :
·
Guru
menanyakan kepada peserta didik tentang gerak fundamental sepak bola, misalnya:
bagaimana jalannya bola jika titik perkenaan bola dengankaki dirobah saat
melakukan menggiring? Apakah posisi kaki mempengaruhi peregerakan bola saat
melakukan menggiring bola? Apakah perkenaan bola dengan kaki mempengaruhi
jalannya bola saat menggiring? Apakah jenis pembelajaran untuk meningkatkan
keterampilan menggiring bola?
·
Guru
menanyakan kepada peserta didik tentang manfaat permainan sepak bola terhadap
kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak bola.
Eksplorasi:
·
Peserta
didik menggiring bola dengan berbagai cara
dalam posisi bergerak kiri dan kanan secara individual dengan
menunjukkan nilai disiplin.
·
Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan swepak bola (menggiring bola) dengan benar.
·
Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan sepak bola (menggiring bola) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menggiring
bola) dengan
benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan
bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat
melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menggiring bola) dengan benar
dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
:
·
Peserta didik menemukan gerak fundamental permainan sepak bola (menggiring bola) yang paling sesuai untuk kebutuhan
sendiri.
·
Peserta didik mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan kaki dan
jalannya bola.
·
Peserta didik mencari hubungan antara jenis lemparan dengan sasaran yang
hendak di capai.
·
Peserta dik mencari hubungan antara permainan sepak bola dengan kesehatan dan kebugaran tubuh.
Mengkomunikasikan
:
·
Peserta
didik menerapkan berbagai keterampilan gerak fundamental ke dalam permainan sepak bola (menggiring bola) dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta menunjukkan sportif, kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan permainan.
·
Menunjukkan
perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebihan.
·
Memberikan
saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan.
·
Memaparkan
hasil diskusi berkaitan dengan tentang
keterampilan gerak fundamental permainan bolabasket secara sederhana
berkelompok dengan menunjukkan
kerjasama.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Pendinginan (colling down) dengan melemaskan otot-otot tungkai dan punggung.
·
Melakukan refleksi dan tanya-jawab
materi pembelajaran yang telah dipelajari, memberi tugas pengayaan bagi yang
tuntas dan remidial yang belum tuntas, dan memberitahu materi yang akan
dipelajari pada minggu yang akan datang.
·
Guru menugaskan kepada peserta didik
untuk mencatat pola gerak fundamental permainan bolabasket yang telah
dipelajari dalam buku tugas/kerja, dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan
datang.
·
Berbaris dan berdoa, kembali ke kelas
dengan penuh disiplin.
Pada proses
pembelajarannya dapat digunakan strategi pelaksanaan dengan menggunakan metode
penugasan dan resiprokal/timbal-balik, sebagai berikut :
·
Strategi
pelaksanaan dengan menggunakan metode tugas/penugasan
o Guru
membuat dua kartu tugas yang berisi deskripsi materi yang akan dipelajari
peserta didik pada minggu berikutnya. Satu kartu tugas untuk dokumen guru,
kartu tugas yang satunya ditempelkan di papan pengumuman, guru menugaskan
peserta didik untuk membuat kartu tugas dengan cara mencontoh kartu tugas yang
dipasang di papan pengumuman. Kartu tugas yang dibuat peserta didik setelah
selesai dipelajari harus dikumpulkan untuk dinilai kerajinan, kerapian, dan
kebersihannya, sebagai nilai portofolio.
o Pada
setiap memulai kegiatan inti, guru meminta peserta didik mengambil kartu tugas
yang telah dibuat, kemudian menyimak kartu tugas masing-masing sambil
mendengarkan penjelasan dan contoh gerakan yang diberikan oleh guru.
o Peserta didik kemudian
mempelajari
tugas pembelajaran dan indikator
keberhasilannya yang ada dalam kartu tugas tersebut.
o Peserta didik
memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas pembelajaran
tersebut.
o Peserta didik melaksanakan
tugas pembelajaran sesuai dengan indikator
dan target
waktu yang telah ditentukan sendiri.
o Bagi peserta didik yang
belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka
diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
o Bagi peserta didik yang
telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka
mereka diberi kesempatan untuk mencoba tugas berikutnya.
·
Strategi
pelaksanaan dengan menggunakan metode resiprokal/timbal-balik
o
Guru mengatur peserta didik agar
berpasang-pasangan.
o
Guru membagikan bahan pembelajaran yang berisi
deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan.
o
Peserta didik mempelajari tugas dan indikator
keberhasilannya.
o
Peserta didik membagi tugas, siapa yang pertama
kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat.
o
Peserta didik melaksanakan tugas dan berganti
peran bilamana pelaku sudah berhasil melakukan tugas sesuai dengan indikator
yang telah ditentukan.
14.
Penilaian Hasil Belajar
a.
Teknik
dan Bentuk Penilaian
1)
Penilaian
Pengetahuan
a)
Petunjuk
Penilaian
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
b)
Butir Soal Pengetahuan
No.
|
Butir Pertanyaan
|
Kriteria Pensekoran
|
Nilai
Akhir
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
Σ
|
|||
1.
|
Jelaskan cara melakukan gerak dasar fundamental menendang bola
permainan sepak bola.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Jelaskan cara melakukan gerak dasar fundamental menahan bola permainan
sepak bola.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Jelaskan cara melakukan gerak dasar fundamental menggiring bola
permainan sepak bola.
|
|
|
|
|
|
|
c)
Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
·
Skor 3 : jika peserta didik mampu
menjelaskan tentang gerak dasar fundamental
menendang,menahan, dan menggiring permainan
sepak bola.
·
Skor 2 : jika peserta didik
mampu menyebutkan dua pertanyaan di atas.
·
Skor 1 : jika peserta didik
mampu menyebutkan salah satu pertanyaan di atas.
·
Skor 0 : jika tidak satupun
pertanyaan di atas mampu disebutkan.
2)
Penilaian
Keterampilan
a)
Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek keterampilan diperoleh melalui
penilaian proses, yaitu: sikap awal,
sikap pelaksanaan, dan sikap akhir melakukan suatu proses gerak dasar permainan
bola besar.
b)
Butir Soal Keterampilan (Unjuk
Kerja)
(1)
Lakukan gerak dasar menendang dan menahan bola permainan sepak bola!
Penilaian Keterampilan Gerak
|
Skor Akhir
|
Keterangan
|
|||
Penilaian Proses
|
Jumlah Skor Maksimal
|
||||
Sikap kaki
awalan
(Skor 3)
|
Perkenaan kaki dengan bola
(Skor 4)
|
Sikap akhir atau arah bola)
(Skor 3)
|
|||
2
|
3
|
2
|
7/10 x 100
|
70
|
|
(2)
Lakukan gerak dasar menggiring bola permainan sepak bolat!
Penilaian Keterampilan Gerak
|
Skor Akhir
|
Keterangan
|
|||
Penilaian Proses
|
Jumlah Skor Maksimal
|
||||
Sikap kaki awalan
(Skor 3)
|
Perkenaan kaki dengan bola
(Skor 4)
|
Sikap akhir menggiring bola
(Skor 3)
|
|||
|
|
|
|
|
|
1)
Kriteria Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
a)
Kriteria Penilaian Proses
Kriteria skor : Pelaksanaan menendang dan menahan bola
(Proses)
· Sikap awal
Nilai 3 jika :
(1)
sikap berdiri menghadap arah bola.
(2)
letakkan kaki tumpu di samping bola dengan sikap
lutut agak tertekuk.
(3)
sikap kedua lengan di samping badan agak terentang.
Nilai
2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai
1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 0: jika tidak
satupun kriteria dilakukan secara benar
· Pelaksanaan gerak
Nilai 4 jika :
(1)
badan menghadap ke arah
sasaran. Kemudian jemputlah bola yang meluncur agar mudah mengontrolnya.
(2)
putarlah tungkai yang
akan digunakan untuk menerima bola yang datang. Dengan sedikit mengangkat kaki,
kaki bagian dalam mengenai bola hingga gerakan terhenti.
(3)
badan agak membungkuk,
lengan mengimbangi badan.
(4)
pandangan mengarah ke
bola.
Nilai 3: jika tiga kriteria
dilakukan secara benar
Nilai 2: jika hanya dua
kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu
kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan
secara benar
· Pelaksanaan akhir (kembali ke
sikap semula)
Nilai 3 jika :
(1)
pandangan mata ke arah lepasnya/dorongan bola.
(2)
badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya
terletak di antara kedua kaki
(3)
kaki yang menyepak bola berada di depan menghadap
ke bawah dengan posisi badan rileks.
Nilai
2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai
1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 0: jika tidak
satupun kriteria dilakukan secara benar
3)
Penilaian
Sikap
a)
Petunjuk
Penilaian
Penilaian aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan permainan bolabasket. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (√) dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3 . (Baik=3, Sedang = 2, dan Kurang = 1).
b)
Rubrik Penilaian Perilaku
Perilaku
Yang Dinilai
|
CEK
(√ )
|
||
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
|
1. Kerja sama
|
V
|
|
|
2. Tanggung jawab
|
V
|
|
|
3. Menghargai teman
|
|
v
|
|
4. Disiplin
|
|
v
|
|
5. Toleransi
|
|
v
|
|
Jumlah skor maksimal = 15
|
12/15 X 100 = 80
b.
Rekapitulasi
Penilaian
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek-Aspek
Penilaian
|
keterangan
|
||
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||
1.
|
Andriyan
|
90
|
70
|
80
|
240/3 = 80
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Memeriksa dan Menyetujui
Kepala SMP Negeri 2 Bukittinggi
|
Bukittinggi, 11 Juli 2013
Guru Mata
Pelajaran
|
………………………………….................
NIP.
|
RONALDI.S.PD
NIP.197501171999121001
|
Salam Olahraga..........Terima kasih postingan yg sangat membantu buat kita-kita, tolong diperbanyak untuk materinya. Untuk Materi teknik dasar Penjasorkes silahkan kunjungi Blog Guru Penjasorkes di http://materipenjasorkes.blogspot.com
BalasHapusyang lengkap ada ndag kang?
BalasHapusbang gimana cara downloadnya.
BalasHapusmakasih bg, karna contoh RPP bg saya bisa membuat RPP sendiri walau pun belum se sebagus RPP bg,. salam kenal dari saya,. arisman efendi FKIP penjas UNIVERSITAS RIAU
BalasHapus
BalasHapusnonton online film online rilis terbaru
nonton online film online kualitas HD lengkap
nonton online film online HD 320P-1080P
nonton online film online untuk semua umur