MY FOTO

MY FOTO
RONALDI. S.Pd

Jumat, 01 Oktober 2010

CONTOH RPP PENJAS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 1

SMP/MTs : S M P N 2 BUKITTINGGI

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VII (Ganjil )

Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian ( Sepak Bola )

Indikator
Psikomotor
• Mengumpan dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognisi
• Mengetahui bentuk-bentuk mengumpan dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar

Afeksi
• Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok


Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat melakukan mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar dengan benar
• Siswa dapat melakukan menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki dengan benar
• Siswa dapat melakukan menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar dengan benar
• Siswa dapat bermain sepakbola dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman

B. Materi Pembelajaran
Permainan Sepakbola
• Mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar
• Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar
• Bermain sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi

C. Metode Pembelajaran
Penugasan, resiprokal /timbal-balik


D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Pemanasan
Permainan kecil: Merampas bola dalam lingkaran



- Peregangan Statis
Otot leher, bahu, lengan, tangan pinggang dan kaki.


2. Kegiatan Inti (55 menit)
EKSPLORASI
­ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­ siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­ siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar.
­ siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri.
­ bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.

Elaborasi
 Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola diam berhadapan dengan teman
 Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola digelindingkan teman dari depan di tempat
 Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola dilambung teman dari depan di tempat dilanjutkan dengan bergerak maju dan mundur
 Melakukan teknik dasar mengumpan secara langsung








 Melakukan teknik dasar mengiring bola dengan arah lurus kedepan












 Melakukan teknik dasar mengiring bola dengan arah zig-zag kedepan




 Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi



KONFIRMASI
• bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi.



3. Penutup (10 Menit)

- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bola
- Buku teks
- Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, Jakarta : Erlangga
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan teknik dasar mengumpan, menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 50
Jumlah skor maksimal

- Pengamatan sikap (afeksi):
Mainkan permainan sepakbola dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal

- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan sepakbola

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal

- Nilai akhir yang diperoleh siswa =




2. Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
Melakukan Teknik DasarMengumpan, Menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Dalam dan Luar
1. Bentuk gerakan kaki saat menendang bola diayun ke depan arah bola
2. Bentuk gerakan kaki saat menggiring bola mendorong bola ke depan arah bola
3. Posisi badan yang benar saat akan melakukan teknik dasar mengumpan dan menggiring dibawa ke depan
4. Bentuk arah bola hasil mengumpan dengan kaki bagian dalam datar di atas tanah/lapangan

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1. Bekerja sama dengan teman satu tim
2. Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)
3. Mentaati peraturan
4. Menghormati wasit(sportif)
5. Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5


RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4

1. Bagaimana posisi pergelangan kaki saat menendang dengan kaki bagian dalam dan luar ?

2. Bagaimana posisi telapak kaki saat mengiring bola menggunakan kaki bagian dalam?

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8


Mengetahui.
Kepala Sekolah SMP N 2 Bukittinggi Juli 2010
Guru PenjasOrkes


D rs. Amri Jaya. M.P.d Ronaldi.S.Pd NIP. 19620905 198703 1 007 NIP.19750117 199912 1 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar